RSS

Apa itu Organisasi?????


What the meaning of organization??? (kampungan bget Englishnya…??:D:D), okok lgsung aja yach,, organisasi?? Banyak banget definisi tentang organisasi, puluhan, ratusan, bahkan ribuan(mustahil) J, tapiiii kalo’ kita bisa ngerti inti-intinya sya kira gak perlu pusing2 wat cari buku, kamus, bahkan ensiklopedia untuk mengetahui definisinya (karena ckup lwat blog ini anda sudah tau,, haha).  Menurut beberapa buku yang saya baca, ada beberapa top ilmuan manajemen yang mendefinisikan tentang  organisasi, berikut ne sya sertakan definisi+tokohnya gan: (read more)

  Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
  Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”
  Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
  Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
  Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa “Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
  Paul Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa “Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.” (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).
Wwoooohohohohoh,,,, banyak banget yahhh?? Jdi pusing buat ngrangkumnya…. L, tipsnya ne, gak perlu keahlian khusus wat ngrangkumm cukup ambil point2nya, trus dijadiin satu dah .. haha silahkan mencoba…  kalau menurut Prof. Dr. Mochamad Sholehhudin, M.Si, M.kes, MOPQRSTUV,,,,, (hahaha) organisasi itu sebuah sekumpulan dua orang atau lebih yang saling bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan yang  telah disepakati bersama… nah, ada beberapa bentuk organisasi yang dipelajari secara umum:
1.       Organisasi Lini ciri2nya: Kesatuan komado terjamin baik, Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat, Rasa solidaritas dianatara anggota tinggi. Tapi (-)nya organisasi ini sulit berkembang, karena kebebasan anggota terbatas dengan kekuasaan pemimpin.
2.       Organisasi Fungsional, ciri2nya: Pada organisasi ini lalu lintas kekuasaan tidak langsung. Tiap-tiap atasan tidak mempunyai sejumlah bawahan yang tegas. Masing-masing pejabat dapat menerima perintah dari beberapa orang, yakni dari setiap orang yang setingkat lebih tinggi kedudukannya dari dia. Dan bertanggung jawab kepada setiap atasan sepanjang fungsinya. Dan atasan adalah orang yang ahli dalam pekerjaannya(professional dalam bidangnya).
3.        Organisasi Lini-Staff, ciri2nye: Bentuk ini umumnya dianut oleh organisasi besar, daerah kerja yang luas, mempunyai bidang tugas yang beraneka dan rumit serta jumlah karyawan/anggota yang banyak. Sistem ini banyak dipakai dalam praktek, berusaha memadukan kebaikan-kebaikan dari dua sistem terdahulu.
Skarang tinggal pilih dach,,, organisasi yang mana yag akan agan terapkan??? Pastinya yang cocok dengan tujuan organisasi agan, karena bentuk organisasi harus sesuai dengan tujuan organisasi… jika tidak, organisasi agan akan berjalan denga tidak teratur dan tidak optimal….  Setelah itu ada beberapa prinsip organisasi yang harus dipenuhi, yaituuuuuu:
  1. Harus ada anggota/pendukung (ga’ mgkin org. cma pimpinan doank!!)
  2.  Tujuan yang sama dan jelas (ne untuk ngejalanin tugas yang solid gan,)
  3. Melakukan atau mempunyai Kegiatan (karena organisasi yang baik adalah organisasi yang JELAS dan TERARAH)
  4. Harus ada pembagian tugas
  5. Pembagian perangkat organisasi
  6. Pembagian dan pendelegasian tugasss
  7. Harus punya kegiatan yang berkesinambungan+kesatuan perintah+arah(balik lagidah) haha
Nah….. itu sekelumit materi yang  saya punya,,,, do u have an idea?????? Silahken comment>>>
Semoga bermanfaat dah… J aminnn… J

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

instantptr.com